Banner IDwebhost
Jabar  

Sampah Plastik Untuk Pengolahan Dan Pengelolaan Dengan konsep Bank Sampah Mandiri

Banjarnegara (Hsb)- Tempat penampungan dan pengolahan serta pengolahan sampah plastik khususnya untuk jenis Pet(Botol plastik)dengan Konsep Bank sampah Mandiri, pada awal pendiriannya Ko nsep Bank Sampah untuk jenis PET( Botol kemasan Plastik) menjadi unggulan untuk Bank Sampah mandiri yang terletak di Desa Jembangan, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara.(1/9/2022)

Pengelolaan Limbah Plastik dengan Konsep Bank Sampah ini mulai berdiri Sejak awal ta hun 2022 di bulan januari,di motori oleh Hartoyo(33) warga Desa jembangan, ide untuk usaha limbah sebenarnya sudah lama dia tekuni, dengan niat untuk cinta lingkungan dan bahayanya limbah plastik.

“Sebenarnya saya sudah lama menggeluti usaha ini,dan konsep pengolahan serta me ncari market yang lumayan terjal dalam per saingan usaha sampah plastik” ungkap dia (1/9/2022).

Dengan adanya usaha kedepan untuk pengo lahan serta pengelolaan sampah plastik, khususnya botol plastik kemasan atau biasa kita kenal dengan pet, pengolahan sementa ra ini di pisah atau sistem sortir.

“Kita olah pet nya dengan menyortir, tutupnya itu di pisah menjadi jenis warna dan untuk fokus nya kita tetap pada pet atau botol plas tik.” kata hartoyo.

Dari segi kreativitas untuk bidang usaha dan secara umum untuk mengumpulkan sampah botol plastik butuh tenaga khusus, di Banjar negara pengolahan pet merupakan gebrakan untuk usaha pengelolaan sampah plastik dan bisa menjadikan inspirasi buat warga masyarakat.

” warga masyarakat sekarang sudah tau bahwa sampah rumah tangga punya nilai jual pada umumnya sampah yang akan di jadikan daur ulang” kata hartoyo.
Untuk nilai jual berkisar 4000 rupiah/Kg hingga 5000 rupiah/Kg untuk pet atau sampah botol plastik, dia menambahkan untuk harga di pasaran.

“Harga saat ini untuk sampah plastik berkisa ran 4000 hingga 5000 rupiah perkilogramnya dan kita beli Per kilogram, dan adapun teknis yang lain,itu ada kesepakatannya” pungkasnya.
(Rudolfsiva/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *