Banner IDwebhost
Kalbar  

Ada Apa di Pantai Pecal, Kok di Serbu Personel Lanal Ketapang

Ketapang,Kalbar (Hsb)- Ratusan orang melakukan aksi bersih-bersih Pantai,Aksi yang dinamakan Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 ini bertemakan “Membangun Kejayaan Maritim Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Laut Bersih, Rakyat Sejahtera”. Aksi ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT TNI Angkatan Laut ke-77 Tahun 2022 yang dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut terhadap kebersihan pantai dan laut.

Bersih-bersih pantai ini tidak hanya diikuti oleh Personel Lanal Ketapang saja, namun turut serta juga dari Forkopimda Kabupaten Ketapang, TNI-POLRI, Pelajar, Pokdarwis, nelayan dan beberapa instansi lain. Kegiatan ini digelar di sekitar kawasan Wisata Pantai Pecal yang beralamat di  Desa Kinjil Pesisir Kabupaten Ketapang Rabu (7/9/2022). Aksi ini dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB.

Danlanal menyampaikan,Kegiatan serupa juga dilaksanakan di 77 lokasi di seluruh Indonesia yang dipusatkan di Mako Kolinlamil yang dihadiri dan dibuka oleh Bapak Kepala Staf Angkatan Laut, Menko Marvest dan undangan dari Kementerian/Lembaga terkait” sambungnya.

Dipilihnya Pantai Pecal dalam aksi bersih-bersih pantai ini karena Pantai Pecal merupakan salah satu destinasi Wisata andalan  yang berada di Kabupaten Ketapang,  sehingga kebersihan dan kerapihannya patut untuk senantiasa di jaga.

Aksi bersih sampah ini dilakukan dengan menyusuri Wisata Pantai Pecal sejauh kurang lebih 500 meter. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok lantas menyebar ke beberapa zona. Masing-masing membawa wadah dan secara serempak sampah dipungut lalu dikumpulkan. Dari kegiatan itu, berhasil dikumpulkan kurang lebih satu truk sampah yang didominasi sampah plastik.
Berkaca dari banyaknya sampah yang dikumpulkan, Danlanal Ketapang mengingatkan masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Danlanal Ketapang juga mengajak masyarakat Ketapang untuk peduli akan kebersihan pantai dan laut, karena dengan pantai dan laut yang bersih ekosistem dan biota-biota laut dapat terjaga kelestariannya sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Wakil Bupati Kabupaten Ketapang H. Farhan SE., Msi. yang mengikuti aksi bersih sampah di pantai, mengaku senang bisa ikut dalam kegiatan tersebut. “Kami Pemerintah Daerah sangat menyambut baik kegiatan ini dan ini merupakan kegiatan positif karena panjang pantai di Kabupaten Ketapang kurang lebih 350 kilometer sehingga aksi nyata seperti ini sangat diperlukan dan Saya pribadi dan Pemerintah Daerah mengucapkan banyak terimakasih atas kegiatan positif ini semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan” pungkasnya.

Sumber:@penlanalktp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *