Banner IDwebhost

PLT Bupati Iwan Setiawan : Samisade Segera Dikucurkan Dalam Waktu Dekat

BOGOR (HSB) – Untuk meninjau langsung program pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan program lainnya, di wilayah Kecamatan Tamansari, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan didampingi Ketua PKK Kabupaten Bogor Halimatusadiyah Iwan turun langsung melakukan kegiatan Bogor Keliling (Boling) atau Saba Desa ke wilayah Kecamatan Tamansari, Selasa (13/9/2022).

Dalam kesempatan ini Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan segera mencairkan bantuan keuangan Satu Milyar Satu Desa (SAMISADE) dalam waktu dekat ke seluruh desa yang ada di Kabupaten Bogor.

“Alhamdulilah revisi Peraturan Bupati tentang Samisade sudah keluar, dan sudah saya tandatangani dan sebelumnya telah melalui tahap paraf dari dinas, Asisten dan Sekda Kabupaten Bogor. Surat penetapan lokus dan anggaran dan lainnya sudah saya tandatangani,” ungkap Plt. Bupati Bogor.

Untuk itu dirinya meminta kepada seluruh kepala desa untuk mengoptimalkan dana Samisade jika sudah dicairkan dan diterima, pelaksanaannya harus sesuai serta mematuhi dan mentaati aturan-aturan yang ada.

“Direvisi Perbup terkait aturan sudah ada di dalamnya, saya ingatkan kepada seluruh Camat, Kades laksanakan program Samisade dengan sebaik-baiknya, tentunya dengan mengutamakan musyawarah, karena Samisade kami berikan untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Bogor,” tegas Iwan Setiawan saat menghadiri Boling atau Saba Desa di Wilayah Kecamatan Tamansari.

Lanjut Iwan Setiawan juga mengimbau kepada seluruh Kades untuk melaksanakan program Samisade dengan benar, dan mengajak masyarakat untuk mengawasi pelaksanaan program Samisade dengan cermat. “Supaya Program Samisade yang baik ini tidak ada kesalahan, sukses tanpa ekses, dan tentunya masyarakat puas,” terangnya.

Untuk diketahui, terkait Kegiatan Boling dilakukan untuk melihat langsung implementasi berbagai program pembangunan di setiap wilayah kecamatan se-Kabupaten Bogor. Mulai dari program dinas, program bantuan keuangan Samisade yang diturunkan ke desa. Apakah pelaksanaannya benar, bagus atau terdapat kendala dan kekurangan.

“Tadi kami sudah keliling wilayah Kecamatan Tamansari, melihat langsung pelaksanaan program kegiatannya. Keberhasilan pembangunan di wilayah ini perlu sinergi yang kuat antara Kades dan Camat agar program pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lainnya bisa terlaksana dengan baik,” tandasnya.

“Selanjutnya, Kepala Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Reynaldi menambahkan, berkaitan dengan pencairan dana Samisade pihaknya meminta agar para Kepala Desa untuk melakukan persiapan dan permohonan pencairan.

InsyaAllah, jika persiapan sudah matang dalam waktu yang tidak lama bisa kita cairkan. Untuk itu kami minta kepada para Kades secara administrasi permohonannya segera sampaikan ke kami,” terang Reynaldi.

“Bahkan Ratusan warga antre mengurus surat-surat kelengkapan adminstrasi kependudukan. Seperti KTP, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan lain sebagainya di Kantor Kecamatan Tamansari.

Adapun dalam kegiatan Saba Desa ini, berbagai macam kegiatan dilaksanakan. Di antaranya, pameran UMKM, pentas seni dan budaya diakhiri Tabligh Akbar.

“Selain itu, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan juga singgah di beberapa titik, di antaranya mengunjungi salah seorang pengusaha pertanian yakni Jimmi Hantu, meresmikan Gedung Al-Minhaj, temu wicara dengan para kelompok tani, meninjau samisade dan kios BUMDes di Desa Sukamantri dan Tamansari.

Juga penebaran benih ikan di Setu Tamansari, mengunjungi petani bromelia kemudian titik terakhir di halaman Kantor Kecamatan Tamansari sekaligus pemberian ratusan doorprize Kepada warga masyarakat tamansari.

Reporter : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *