Banner IDwebhost
Opini  

Camel Lubis Minta Investigasi Menyeluruh Tragedi Kanjuruhan

Malang (HSB)- Tragedi Kanjuruhan menyisakan duka mendalam bagi bangsa Indonesia. Ratusan korban meninggal dunia dan ratusan korban lainnya masih dirawat di rumah sakit, menempatkan peristiwa ini menjadi tragedi terkelam dalam sepanjang sejarah sepak bola Indonesia.

Bendahara Umum KITA, Camelia Panduwinata Lubis menyebut kejadian Sabtu malam usai pertandingan Arema Malang Vs Persebaya adalah tragedi kemanusiaan. Ia tak habis pikir pertandingan sepak bola bisa menelan begitu banyaknya korban nyawa dan luka-luka baik dari pihak suporter sampai aparat keamanan.

Camel pun mendesak ada evaluasi menyeluruh terhadap jalannya Liga 1 sehingga tak ada lagi kejadian serupa hingga menyebabkan korban jiwa. Camel juga meminta aparat keamanan untuk membenahi SOP terhadap penanganan kerusuhan suporter di stadion sepakbola.

“Peristiwa ini adalah puncak dari carut marutnya pengelolaan sepak bola kita. Mari sama-sama introspeksi diri untuk kepentingan dunia sepak bola Indonesia,” kata Camel kepada wartawan, Minggu (2/10).

Camel juga mendukung langkah pemerintah untuk menghentikan sementara kelanjutan Liga 1 sampai proses investigasi selesai dilakukan. Ia pun mendukung aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas pihak-pihak yang dianggap lalai hingga menyebabkan tragedi ini terjadi.

“Proses hukum terhadap peristiwa ini harus menjadi preseden hukum agar pengelolaan pertandingan sepakbola kita dilakukan secara profesional. Ini juga menjadi pesan bahwa jangan main-main kalau mengelola pertandingan sepak bola,” kata Camel menambahkan.

Terakhir ia tak lupa menyampaikan rasa duka citanya kepada para keluarga korban yang menanggung derita kehilangan, juga kepada korban luka-luka yang kini masih dirawat di rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *