Banner IDwebhost

Prasetyo: Kegiatan Pramuka Bisa Mencegah Aksi Tauran Pelajar

Keterangan foto: Ketua Kwartir Ranting gerakan Pramuka Ciawi Supratno Prasetyo (kanan)

BOGOR – Ketua Kwartir ranting gerakan Pramuka Ciawi, Supratno Prasetyo menilai, pemuda yang merupakan pelajar merupakan generasi penerus bagi suatu bangsa, dan di tangan para pemudalah bangsa ini dapat maju dan bersaing dengan negara-negara yang lain. Namun yang terjadi akhir-akhir ini banyak kasus-kasus kenakalan remaja diantaranya, tauran, minum-minuman keras, bahkan sampai begal. Data menunjukkan pada tahun 2024 kenakalan yang diakibatkan oleh para remaja Indonesia yang berstatus pelajar meningkat.

” Diwilayah Kecamatan Ciawi, para pelaku tauran yang berhasil diamankan tidak ada satupun yang aktif atau ikut kegiatan gerakan Pramuka. Hal itu menunjukkan bahwa kegiatan Pramuka bisa memberikan hal positif bagi anggotanya karena dituntut rasa tanggung jawab yang tinggi serta berperilaku baik dalam keseharian,” ungkap Prasetyo usai mengikuti acara rapat koordinasi dalam mengantisipasi tauran pelajar di wilayah Ciawi, Kamis (16/05/2024).

Ia menambahkan, pada organisasi kepramukaan setiap anggota dituntut untuk bertanggungjawab dan aktif dalam kegiatan organisasi tersebut. Hal itu tentunya memberikan pengalaman yang sangat berguna, terutama dalam dunia kerja. Selain kemampuan akademik, kemampuan organisasi juga sangat diperhitungkan dalam seleksi masuk pekerjaan. Jiwa pramuka yang disiplin, cakap dalam berpikir, sopan, dan bertanggungjawab sangat dibutuhkan dalam kehidupan dewasa.

” Dalam diri seorang Pramuka, tertanam rasa tanggung jawab dalam membangun Negeri dan berperan secara aktif dalam kegiatan-kegiatan positif,” tambahnya.

Untuk diketahui, PRAMUKA yang mempunyai kepanjangan dari Praja Muda Karana yaitu para pemuda yang suka berkarya. Di dalam pendidikan kepramukaan banyak menanamkan nilai pendidikan moral, etika, dan pembentukan karakter. Maka dari itu pemerintah tidak meragukan lagi dengan pedidikan yang ada di kepramukaan, bahkan pemerintah sudah mewajibkan para siswanya yang berada di SMP/MTs maupun SMA/MA untuk mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka.

Pentingnya Pramuka

Pendidikan kepramukaan sangat penting bagi siswa-siswa untuk pengembangan diri di sekolah, yang sedang mengalami masa-masa transisi mencari jati diri, dan masih belum mempunyai pendirian yang tetap. Karena kebanyakan siswa-siswa di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas masih belum mempunyai identitas dan jati diri dan sering mudah terpengaruh oleh hal-hal yang menyebabkan degradasi moral dengan berbagai tindak perilaku negatif.

Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir. Pramuka mengajarkan kecakapan dalam berpikir dan menggunakan cara-cara kreatif dalam mengatasi permasalahan.

Pramuka di Era Globalisasi

Di tengah-tengah pengaruh era globalisasi dan era informasi digital yang ikut mempengaruhi gaya dan perilaku siswa, maka pendidikan kepramukaan dirasa sangat penting bagi pengembangan diri siswa. Karena selama ini kebanyakan siswa-siswi tidak mempunyai jati diri, dan banyak perbuatan negatif yang dilakukan, misalnya bolos sekolah dan melakukan tawuran, perkelahian yang bahkan memakan korban jiwa. Kebanyakan siswa-siswi di sekolah terbawa pengaruh buruk di lingkungan, hal ini karena siswa kebanyakan belum mempunyai kepribadian dan prinsip dan jati diri yang tetap dan teguh.

Visi-misi pramuka

Pendidikan kepramukaan tidak hanya membuat siswa lebih berkarakter dan mempunyai prinsip, kecakapan, berjiwa mandiri, berjiwa kepemimpinan dan kepribadian yang positif. Pramuka juga mengajarkan siswa bagaimana mengenal lingkungan hidup dan bertahan hidup dalam keadaan darurat, berbagai pengetahuan dan ilmu bertahan hidup seperti menggunakan berbagai benda di alam sekitar, yang akan membuat siswa lebih tangguh dan mencintai alam yang ada disekitarnya.

Dengan memberikan pendidikan kepramukaan di sekolah, maka siswa akan lebih mempunyai karakter, tanggung jawab, mandiri, berjiwa kepemimpinan dan perilaku moral positif dan dapat melahirkan siswa-siswa yang tangguh secara fisik dan moral.


Manfaat Kegiatan Pramuka

Kegiatan Pramuka biasanya dilaksanakan jauh dari rumah dan tidak melibatkan orang tua, seperti halnya berkemah. Saat berkemah kamu dituntut untuk tinggal bersama anggota Pramuka lainnya dan mengurus semua kebutuhan sendiri, mulai dari memasak, mencuci baju atau alat makan, membersihkan tempat yang ditinggali, dan lainnya. Apalagi saat ini banyak anak yang lebih terbiasa untuk dibantu oleh orang tua atau asisten rumah tangga untuk mengurus segala kebutuhan. Nah, dengan mengikuti kegiatan Pramuka ini kamu akan dilatih untuk mandiri. Belajar mandiri akan membentuk karakter kamu menjadi lebih baik dibandingkan dengan anak lain yang biasa dilayani.

(Rifai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *